Minggu, 07 Maret 2010

Asal Usul b.Smaradahana

Kemarin, ada beberapa org teman, cewek dan cowok, yg bertanya kepada saya arti dari nama belakang saya, yaitu Smaradahana. Saya menjawab dg 2 buah kata singkat, "Tidak tahu...".
Yah, saya mengambil nama ini sambil lalu saja, ketika membaca sebuah judul tembang atau kidung Jawa; asmaradhana.

Karena jd ikut penasaran, akhirnya saya tergerak untuk mencari arti nama belakang saya itu.
Dan, seperti yang saya duga dan yang sudah banyak diketahui oleh sebagian besar masyarakat, terutama masyarakat Jawa yang telah pada lahir beberapa dekade yang lampau (orang-orang tua), saya menemukan bahwa: Asmaradhana adalah syair cinta. Ia adalah salah satu tembang macapat (tembang peninggalan kesusasteraan Jawa) yang bernuansa cinta. Saya sendiri tidak mengetahui bagaimana nada atau pun salah satu syair dari lagu tersebut; saya tidak pernah mempelajarinya. Satu-satunya tembang macapat yang bisa saya nyanyikan hanyalah Pocung. ^_^

Namun, selain menjadi nama sebuah kidung, Asmaradhana ternyata merupakan sebuah cerita kuno dalam pewayangan, atau dalam kesusatraan Jawa Kuno. Asmaradhana adalah cerita cerita percintaan antara Batara Kamajaya dan Dewi Ratih. Ya, ternyata orang-orang Jawa sejak jaman dahulu sudah menyukai cerita-cerita percintaan. Pantas saja sekarang keturunan-keturunan mereka sangat menyukai cerita-cerita percintaan di sinetron-sinetron. Meskipun sekarang kebanyakan cerita asmara di sinetron itu tidak bermutu, alias picisan.

Nah, selain itu, Asmaradhana juga merupakan salah satu penggalan dari seri Babad Tanah Jawa, khususnya pada seri babad Prambanan. Ceritanya tentang putri kerajaan Pengging yg mengadakan sayembara mencari calon suami. Isi ceritanya memang mengenai kegalauan hati; kegalauan hati sang putri dlm menemukan sang pangeran, atau juga kegalauan hati sang pangeran (dlm hal ini pangeran yg tampan seperti saya...hahaha) untuk memperebutkan sang putri.... Mungkin ini adalah versi lain dari cerita rakyat Putri Loro Jonggrang dan Bandung Bondowoso yang terkenal itu.

Nah, dari beberapa hal di atas, bisa disimpulkan bahwa tidak diragukan lg bahwa Asmaradhana adalah nama bagi Sang Pemuja Cinta. Jadi, atas nama cinta, dengan bangga saya menyandang nama ini...^_*

B.Smaradahana

2 komentar: